Selasa, 06 Desember 2011

MENGAPA BESI BERKARAT??

Pagar besi, paku besi, mobil yang baru terlihat berwarna bagus dan mengkilap. setelah waktu tertentu, warna nya perlahan-lahan menjadi kusam, coklat tua serta tidak menarik lagi.

warna coklat kusam pada permukaan besi atau badan mobil tersebut timbul karena terbentuk karat besi.perkaratan terbentuk karena logam besi teroksidasi oleh gas oksigen dengan bantuan air atau uap air membentuk oksida besi.
Karat besi yang terbentuk bersifat porous, sehingga memungkinkan oksigen masuk kelapisan lebih dalam membentuk karat yang baru. peristiwa ini disebut korosi.

Untuk mencegah terjadinya korosi, besi dibersihkan dari karat pada permukaannya, kemudian dilapisi dengan logam lain seperti logam Zn. seng untuk atap biasanya lempengan besi yang dilapisi dengan logam Zn. selain untuk mencegah karat, paku/mur besi dilapisi dengan logam krom memperindah tampilan. logam lain seperti alumunium bereaksi pula dengan oksigen diudara membentuk alumunium oksida. didalam air, korosi besi dapat secara anaerob (tanpa oksigen) karena adanya bakteri Gallionella.

1 komentar: